Aplikasi Survey Kepuasan Mahasiswa Terhadap Penggunaan Laboratorium Komputer STMIK Widya Cipta Dharma Menggunakan Metode Fuzzy Service Quality

Pratiwi, Erika (2020) Aplikasi Survey Kepuasan Mahasiswa Terhadap Penggunaan Laboratorium Komputer STMIK Widya Cipta Dharma Menggunakan Metode Fuzzy Service Quality. S1 Teknik Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1643173-S1-Jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (892kB) | Request a copy
[img] Text
1643173-S1-Teknik Informatika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Laboratorium merupakan salah satu fasilitas pendukung dalam meningkatkan proses pembelajaran. Permasalahan yang ditemukan mahasiswa mengenai fasilitas laboratorium komputer pada STMIK Widya Cipta Dharma adalah komputer yang tiba-tiba mati saat dioperasikan, ruangan yang kurang dingin, data display yang buram sehingga membuat ketidaknyamanan dalam proses pembelajaran yang menyebabkan mahasiswa kurang puas terhadap layanan yang diberikan. Mahasiswa akan merasa puas apabila layanan yang diharapkan sesuai dengan yang diterima. Oleh sebab itu, diperlukan suatu aplikasi survey kepuasan untuk menganalisis kualitas layanan yang diberikan kepada mahasiswa sehingga dapat mendukung peran dan fungsi laboratorium secara optimal serta atribut apa saja yang perlu ditingkatkan kualitas layanannya. Metode yang digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa yaitu pendekatan Service Quality yang dikombinasikan dengan teori Fuzzy untuk mengukur gap presepsi dan harapan dari mahasiswa dengan tepat. Dalam penelitian ini metode pengembangan aplikasi ini yang digunakan yaitu Waterfall terdiri dari tahap Intellegence, tahap Design, Tahap Choice dan tahap Implementation. Alat bantu yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah Flowchart. Sistem ini dibangun dengan menggunakan perangkat lunak pendukung yaitu Visual Basic .Net. Hasil dari penelitian ini adalah nilai gap antara harapan dan presepsi memiliki nilai gap negatif dan gap positif, hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan pihak Laboratorium Komputer STMIK Widya Cipta Dharma dinilai sudah ada yang terpenuhi dan ada yang belum terpenuhi. Adapun atribut yang dinilai paling baik oleh mahasiswa adalah Fasilitas visual (lcd dan layar) sebagai proses penunjang pembelajaran di laboratorium dapat digunakan dengan baik dengan nilai gap = 2,667 dan atribut yang paling buruk dinilai oleh mahasiswa adalah Sikap dan perilaku petugas laboratorium dengan nilai gap = -1,834. Rekomendasi dari peneliti atribut Sikap dan perilaku petugas laboratorium perlu menjadi prioritas perbaikan dan diperhatikan lagi, agar pelayanannya kedepan menjadi lebih baik lagi. ======================================================== The laboratory is one of the supporting facilities in improving the learning process. STMIK Widya Cipta Dharma is a computer that suddenly dies when operated, the room is less cold, the display of data that makes inconvenience in the learning process that causes students to be less satisfied with the services provided. Students will be satisfied receiving the services expected in accordance with those received. Therefore, a satisfaction survey application is needed to analyze the quality of services provided to students so that they can support the role and function of the laboratory optimally and what attributes need to be improved in the quality of services. The method used to determine the level of student satisfaction is to discuss Service Quality combined with Fuzzy theory to measure the perception gap and expectations of students appropriately. In this research, the application development method used is Waterfall consisting of the Intelligence stage, the Design stage, the Choice stage and the Implementation stage. The tools used in system development are flowcharts. This system was built using supporting software is Visual Basic. Net. The results of this study are the value of the gap between expectations and perceptions has a negative gap value and a positive gap, this shows that the quality of service provided by the Computer Laboratory of STMIK Widya Cipta Dharma is considered to have met and some have not. The attributes that are considered the best by students are visual facilities (lcd and screen) as a learning support process in the laboratory that can be used properly with a gap value = 2.667 and the attributes that are worst assessed by students are the attitudes and behavior of laboratory staff with a gap value = - 1,834. Recommendations from researchers attribute Attitudes and behavior of laboratory personnel need to be a priority for improvement and more attention, so that future services can be even better.

Item Type: Thesis (S1 Teknik Informatika)
Additional Information: Pembimbing I : Bartolomius Harpad, S.Kom.,M.Kom Pembimbing II : Hanifah Ekawati, S.Pd.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Fuzzy, Service Quality, Gap, Kepuasan
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Ms Erika Pratiwi
Date Deposited: 27 Aug 2020 04:55
Last Modified: 27 Aug 2020 04:55
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/3179

Actions (login required)

View Item View Item