Penerapan Algoritma Shuffle Random Untuk Soal Pada Animasi Interaktif Pengenalan Galaksi Tata Surya

wulandari, ayu (2020) Penerapan Algoritma Shuffle Random Untuk Soal Pada Animasi Interaktif Pengenalan Galaksi Tata Surya. S1 Teknik Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1543059-S1-NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text
1543059-S1-Teknik Informatika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran multimedia sangat menarik untuk dikembangkan. Ada beberapa kelebihan dari media pembelajaran multimedia dibandingkan dengan media pembelajaran biasa. Salah satu kelebihan utama media pembelajaran multimedia adalah visualisasi. Media pembelajaran multimedia berbasis simulasi didesain untuk mensimulasikan permasalahan yang ada sehingga diperoleh ilmu yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Media pembelajaran multimedia dengan tujuan edukasi ini dapat digunakan sebagai salah satu media edukasi yang memiliki pola pembelajaran “Belajar dengan Melakukan”. Berdasarkan pola yang dimiliki oleh permainan tersebut, pemain dituntut untuk belajar sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Aplikasi Multimedia pembelajaran “Tata Surya” merupakan sebuah media pembelajaran yang dimiliki soal latihan yang dirancang untuk mengasah daya tanggap siswa-siswi dalam belajar. Dalam permainan ini pemain harus menjawab pertanyaan yang tersedia di mana pemain harus dengan benar dan teliti untuk menjawab pertayaan soal tersebut. Algoritma pengacakan posisi di terapkan dalam penelitian ini, dengan tujuan membuat susunan posisi soal selalu teracak dan permainan menjadi tidak monoton dan membosankan, agar pemain tidak mudah menjawab pertanyaan dan tidak bisa menghafal soal yang di kerjakan sebelumnya. =============================================================================== Multimedia Learning Media is very attractive for development. There are several advantages of multimedia instructional media compared with normal learning media. One of the main advantages of multimedia learning media is visualization. Simulation-based multimedia learning media is designed to simulate the existing problems in order to obtain knwoledge thatcan be used to solve the problem. Multimedia learning media with educational purposes can be used as a medium of education that has a pattern of learning “Learning by Doing”. Based on the pattern which is owned by the game, players are required to learn in order to solve existing problems. Application of Multimedia Learning “Solar system” is a media that has exercises designed to hone the responsiveness of thhe students in learning. In this game the player must answer the questions provided in which players have to correctly and accurately to answer that question. Randomizatin algorithm applied position in this study, with the aim of making the composition of matter is always scrambled position and the game becomes monotonous and boring, so players are not easy to anwer the question and could not memorize the questions that done before.

Item Type: Thesis (S1 Teknik Informatika)
Additional Information: Pembimbing 1 : Andi Yusika Rangan, M.Kom Pembimbing 2 : Basrie, S.kom, M.kom
Uncontrolled Keywords: Tata Surya, pembelajaran, shuffle random
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Mrs Ayu Wulandari
Date Deposited: 26 Feb 2020 02:45
Last Modified: 26 Feb 2020 02:45
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/3065

Actions (login required)

View Item View Item