Hagaku, Randa (2016) PEMBELAJARAN TATA SURYA BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKER BASED TRACKING. S1 Teknik Informatika thesis, Teknik Informatika.
|
Text
1143142_Sarjana_TI.pdf Download (642kB) | Preview |
Abstract
Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) merasa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran tentang tata surya karena siswa hanya membayangkan sendiri objek sistem tata surya. Mereka membutuhkan alat peraga untuk belajar sistem tata surya atau aplikasi untuk menunjukkan bentuk tiga dimensi tata surya agar mudah dimengerti saat pembelajaran. Pembelajaran sistem tata surya berdasarkan Augmented Reality dengan metode Marker Based Tracking adalah aplikasi multimedia yang mengkombinasikan data grafis dari geometri tiga dimensi dengan petunjuk media. Aplikasi ini menunjukkan penjelasan dan informasi tentang planet dalam sistem tata surya seperti, Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Aplikasi ini juga dapat mengidentifikasi pola dari marker untuk menampilkan bentuk nyata objek dengan Metode Marker Based Tracking. Tahapan dalam pembelajaran tentang sistem tata surya berdasarkan Augmented Reality dengan multimedia adalah konsep, desain, mengumpulkan materi, menggabungkan, tes, dan distribusi. Aplikasi ini dapat menjadi salah satu media pembelajaran sistem tata surya di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kata kunci: Autodesk 3DS Max, Openscape3D, Ogre, Innosetupcompiler, Augmented Reality, Augmented Reality Tata Surya, Marker Based Tracking, Pembelajaran Tata Surya.
Item Type: | Thesis (S1 Teknik Informatika) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : M. Irwan Ukkas, S.Si,M.Kom Pembimbing 2 : Drs. Syamsudin Mallala, M.Pd |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Teknik Informatika |
Depositing User: | Users 21 not found. |
Date Deposited: | 30 Nov 2017 12:30 |
Last Modified: | 16 Jan 2019 03:06 |
URI: | http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/283 |
Actions (login required)
View Item |