Penerapan Metode Finite State Machine Pada Game Turn-Based RPG "Heroes of Dawn" Berbasis Desktop

Sanjaya, Muhammad Fachri (2020) Penerapan Metode Finite State Machine Pada Game Turn-Based RPG "Heroes of Dawn" Berbasis Desktop. S1 Teknik Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1543105-S1-Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
1543105-S1-Teknik Informatika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

FSM (Finite State Machine) merupakan salah satu metode penerapan kecerdasan buatan yang diterapkan untuk mengambil sebuah keputusan pada NPC (Non Player Character). Penerapan FSM yang banyak ditemui adalah untuk membentuk NPC yang memiliki sebuah kecerdasan, sehingga NPC tersebut dapat merespon karakter pemain sehingga NPC tersebut seolah-olah bisa berpikir. Game memiliki berbagai macam jenis (genre) dan semakin bervariasi sejalan dengan perkembangan teknologi perangkat keras dan perangkat lunak. Penulisan akan fokus pada game yang bergenre Role Playing Game atau sering juga disebut RPG. Game pada umumnya menggunakan Artifical Intelligence pada sistemnya agar membuat game tersebut lebih menarik untuk dimainkan. Artifical Intelligence biasanya diterapkan pada NPC (Non Player Character)/Enemy yang ada didalam game atau lawan yang harus dikalahkan, salah satu penerapan Artifical Intelligence di game yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Finite State Machine (FSM). =========================================================== FSM (Finite State Machine) is one of the method applying artificial intelligence to make decisions on NPC (Non Player Character). The application of FSM is mostly found to make NPCs who have intelligence, so that NPC can respond to the character of the player as if can think. Games have various types (genres) and more varied in line with the technological development of hardware and software. Writer will be focused on the genre Role Playing Game or often also called RPG. Games generally using Artifical Intelligence on the system to make the game more interesting to play. Artifical Intelligence is usually applied to NPC (Non Player Character) / Enemy in the game or opponents that must be defeated, one of the applications of Artifical Intelligence in the game that will be used in this study is the Finite State Machine (FSM) Method.

Item Type: Thesis (S1 Teknik Informatika)
Additional Information: Pembimbing 1 : Heny Pratiwi S.Kom., M.Pd., M.TI Pembimbing 2 : Pitrasacha Adytia ST., M.T
Uncontrolled Keywords: Finite State Machine, Game 3D, Berbasis Desktop
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Mr Muhammad Fachri Sanjaya
Date Deposited: 13 Feb 2020 06:10
Last Modified: 13 Feb 2020 06:10
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/2821

Actions (login required)

View Item View Item