Penerapan Algoritma Breadth First Search Pada Game "The Darkness Maze" Berbasis Agen Cerdas Desktop

Suciansyah, Ramadhani (2020) Penerapan Algoritma Breadth First Search Pada Game "The Darkness Maze" Berbasis Agen Cerdas Desktop. S1 Teknik Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1543107-S1-Jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB) | Request a copy
[img] Text
1543107-S1-Teknik Informatika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Ramadhani Suciansyah, 2019, Penerapan Algoritma Breadth First Search Pada Game “The Darkness Maze” Berbasis Agen Cerdas Desktop. Skripsi Program Studi Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer, Pembimbing Utama: Bartolomius Harpad, S.Kom.,M.Kom., Pemimbing Pendamping: Hanifah Ekawati, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci : Algoritma Breadth First Search, Agen Cerdas, Berbasis Desktop Penelitian ini dilakukan untuk dapat membuat Penerapan Algoritma Breadth First Search Pada Game “The Darkness Maze” Berbasis Agen Cerdas Desktop yang nantinya pemain melewati labirin dan mencari jalur keluar (node keluar) di setiap level yang telah dibuat. Algoritma Breadth First Search Pada Game “The Darkness Maze” diterapkan ke masing-masing jalur point (node), sehingga ketika pemain berdiam diatas sebuah titik, maka pemain akan mendapatkan informasi menu pilihan jalur tetangga atau jalur yang berdekatan dengan jalur sebelumnya yang dimana pemain dapat memilih jalur tersebut sehimgga nantinya ketika pemain memilih jalur maka akan muncul sebuah navigasi yang berfunsi sebagai petunjuk arah agar pemain tidak menemukan jalur buntu sehingga pemain dapat menemukan jalur keluar (node keluar). Penelitian ini dikembangkan dengan tahap pengembangan multimedia yang terdiri dari 6 tahap, yaitu Concept (Konsep), Design (Desain), Material Collecting (Pengumpulan Materi), Assembly (Pembuatan), Testing (Pengujian) dan Distribution (Pendistribusian). Analisis perancangan system menggunakan UML (Unife Modeling Language) yang terdiri dari Use Case Diagram, Activity Diagram dan Sequence Diagram. Dalam pengembangan game 3D ini menggunakan Unity Engine sebagai Perangkat lunak (Software) yang dirancang untuk pembuatan dan pengembangan video game dibantu dengan pengetikkan beberapa coding program. Metode pengujiannya menggunakan pengujian White-Box dan Pengujian Beta. Adapun Hasil Akhir dari penelitian ini dapat diterapkan dengan bantuan pengetikkan coding sehingga jalur point yang telah dibuat dapat memberitahukan informasi jalur yang beredekatan sehingga dapat menemukan jalur keluar. ========================================================= Ramadhani Suciansyah, 2019, the Application of Breadth First Search Algorithm in the "The Darkness Maze" Based on Desktop Smart Agent. Thesis of Informatics Engineering Study Program, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer, Main Advisor: Bartolomius Harpad, S.Kom., M.Kom., Counselor: Hanifah Ekawati, S.Pd., M.pd. Keywords: Breadth First Search Algorithm, Smart Agent, Desktop Based This research was conducted to be able to make the Application of Breadth First Search Algorithm in the game "The Darkness Maze" Based on Desktop Smart Agent which later players pass through the maze and look for an exit (exit node) at each level that has been made. Breadth First Search Algorithm in the game "The Darkness Maze" is application to each point (node), so that when the player dwells above a point, the player will get information on a selection menu of neighboring lanes or lanes adjacent to the previous lane where the player can choosing the path so that later when the player chooses the path a navigation will appear which serves as a direction so that the player does not find a dead end so the player can find the exit. This research was developed with a multimedia development stage consisting of 6 stages, Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing and Distribution. Analysis of system design using UML (Unife Modeling Language) consisting of Use Case Diagrams, Activity Diagrams and Sequence Diagrams. In developing this 3D game using the Unity Engine as a Software designed for the manufacture and development of video games aided by typing several coding programs. The testing method uses White-Box Testing and Beta Testing. The final results of this study can be applied with the help of typing coding so that the point path that has been made can notify the path information that is contiguous so that it can find the exit.

Item Type: Thesis (S1 Teknik Informatika)
Additional Information: Pembimbing 1 : Bartolomius Harpad, S.Kom.,M.Kom Pembimbing 2 : Hanifah Ekawati, S.Pd.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Algoritma Breadth First Search, Agen Cerdas, Berbasis Desktop
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Mr Ramadhani Suciansyah
Date Deposited: 12 Feb 2020 03:03
Last Modified: 12 Feb 2020 03:03
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/2761

Actions (login required)

View Item View Item