Mariani, Jenie (2019) APLIKASI PENGENALAN PERANGKAT MULTIMEDIA DENGAN AUGMENTED REALITY (STUDI KASUS: SMK NEGERI 5 SAMARINDA). D3 Manajemen Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.
Text
1531007-Manajemen Informatika.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Jenie Mariani, 2019, Pengenalan Perangkat Multimedia dengan Augmented Reality, Tugas Akhir Program Studi Manajemen Informatika, STMIK Widya Cipta Dharma, Pembimbing Kusno Harianto, M.Kom. Kata Kunci: Perangkat Multimedia, Augmented Reality, Markerless Tracking, 3D Google SketchUp, Android. Perangkat Multimedia Merupakan perangkat yang mendukung multimedia sebuah computer, Perangkat Multimedia saat ini tidak hanya menggunakan komputer saja,dengan hp pun sudah menjadi sebuah perangkat multimedia yang semakin cangih.Pembelajaran pengenalan perangkat multimedia yang selama ini tidak menggunakan media hanya berupa buku dan gambar sehingga tidak begitu jelas. dengan Aplikasi Pengenalan Perangkat Multimedia untuk pembelajaran interaktif dalam bentuk pembelajaran objek 3D perangkat multimedia supaya terdapat media belajar yang lebih menyenangkan. Dengan adanya perpaduan teknologi modern yaitu implementasi 3D yang diaplikasikan pula ke dalam Android dalam hal ini penulis menggunakan Markerless Tracking Augmented Reality dengan media bantu berupa buku berbasis Android yang desain menggunakan 3D Google Sketcup, maka pengenalan perangkat multimedia yang akan di ajarkan guru kepada siswa akan terasa lebih mudah dan membuat siswa dapat memahami penjelasan dari perangkat multimedia tersebut, serta keuntungan yang didapatkan siswa antara lain yaitu membuat siswa mampu belajar mengenal perangkat multimedia dimana saja karena Smartphone Android yang mudah dibawa kemana saja. Penulis merancang dan membangun aplikasi Augmented Reality. Pengembangan Unity, 3D Google SketcUp sebagai Modelling, Vuforia SDK untuk membentuk Augmented Reality. ========================================================= Jenie Mariani, 2019, Introduction to Multimedia Devices with Augmented Reality, Final Project of the Information Management Study Program, STMIK Widya Cipta Dharma, Advisor Kusno Harianto, M.Kom. Keywords: Multimedia Devices, Augmented Reality, Markerless Tracking, 3D Google SketchUp, Android. Multimedia Devices Is a device that supports computer multimedia, Multimedia Devices currently do not only use computers, with cellphones also have become increasingly popular multimedia devices. Learning supports multimedia devices that have not used media only containing clear books and pictures. with the Multimedia Device Introduction Application for interactive learning in the form of multimedia device 3D learning objects. With the combination of modern technology that applies 3D that is applied to Android in this case the author uses Markerless Tracking Augmented Reality with a media that contains books based on Android that uses 3D Google Sketcup, then the use of multimedia devices that will be taught by teachers to students will be felt more easily and makes students able to discuss from the multimedia device, and the benefits obtained by students include making students able to learn multimedia devices anywhere because Android smartphones are easy to carry anywhere. The author supports and builds the Augmented Reality application. Development of Unity, 3D Google SketcUp as Modeling, Vuforia SDK to make Augmented Reality.
Item Type: | Thesis (D3 Manajemen Informatika) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Kusno Harianto, M.Kom |
Uncontrolled Keywords: | Perangkat Multimedia,Augmented Reality,Markerless Tracking,3D Google Sketchup,Android. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Manajemen Informatika Manajemen Informatika |
Depositing User: | Ms Jenie Mariani |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 06:37 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 06:37 |
URI: | http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/2684 |
Actions (login required)
View Item |