Membangun Game Edukasi "Pengenalan Komputer" Untuk Anak Tunagrahita Ringan Pada SLB Negeri Bontang Mengunakan Algoritma Finite State Machine

Sururi, Muhammad Za'iem (2019) Membangun Game Edukasi "Pengenalan Komputer" Untuk Anak Tunagrahita Ringan Pada SLB Negeri Bontang Mengunakan Algoritma Finite State Machine. S1 Sistem Informasi thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1441914-S1-Sistem Informasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Muhammad Za’iem Sururi, 2019, Membangun Game Edukasi “Pengenalan Komputer” Untuk Anak Tunagrahita Ringan Pada SLB Negeri Bontang Menggunakan Algoritma Finite State Machine, Skripsi Program Studi Sistem Informasi, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Cipta Dharma, Pembimbing I: M. Irwan Ukkas, S.Si., M.Kom. Pembimbing II: Dr. Heny Pratiwi S.Kom., M.Pd., M.TI Kata Kunci : Game Edukasi, TunaGrahita, Finite State Machine Membangun Game Edukasi “Pengenalan Komputer” untuk anak tunagrahita ringan pada SLB Negeri Bontang Mengunakan Algoritma Finite State Machine yang mana memudahkan guru untuk menyampaikan materi bahan ajar kepada siswa – siswi dan memaksimalkan pemberian ilmu dengan menggunakan teknologi komputer dan akan menambah keminatan belajar para siswa dan siswi. Metode pengumpulan data menggunakan metode studi lapangan dan studi pustaka. Metode studi lapangan dilakukan dengan cara wawancara dan pengamatan langsung. metode pengembangan sistem yang diguanakan yaitu Multimedia Development Life Cycle (MDLC).terdapat enam tahapan dalam metode ini, yaitu concept (Pengonsepan), Desgin (pendesainan), matrial coleting (pengumpulan materi), assembly (pembuatan), testing (pengujian), dan distribution (pendistribusian). Kemudian pengujian sistem yaitu Black Box dan Beta Testing, sehingga game yang didapat sesuai dengan keinginan para calon pengguna. Dengan adanya Game Edukasi “Pengenalan Komputer” untuk anak tunagrahita ringan pada SLB Negeri Bontang maka guru untuk menyampaikan materi bahan ajar kepada siswa – siswi dan memaksimalkan pemberian ilmu dengan menggunakan teknologi komputer dan akan menambah keminatan belajar para siswa dan siswi. ================================================================================================================== ABSTRACT Muhammad Za'iem Sururi, 2019, Build an Educational Game "Pengenalan Komputer" For mentally disabled Children At SLB Negeri Bontang Using Finite State Machine Algorithm, Thesis Study Program Information System, College of Informatic and Computer Management Widya Cipta Dharma, Advisor I: M Irwan Ukkas, S.Si., M.Kom. Advisor II: Dr. Heny Pratiwi S.Kom., M.Pd., M.TI Keywords: Educational Games, Tunagrahita, Finate State Machine Build an Educational Game "Pengenalan Komputer" For mentally disabled Children At SLB Negeri Bontang Using Finite State Machine Algorithm which makes it easier for teachers to deliver teaching material to students and maximize the provision of knowledge by using computer technology and will increase the learning interest of students . Data collection method usesing field study and literature method . Field study method is done by interviewing and direct observation. The system development methods useied is Multimedia Development Life Cycle (MDLC). There are six stages in this method, namely the concept (Concept), Desgin (design), matrial coleting (material collection), assembly (making), testing (testing), and distribution (distribution). Then testing the system is Black Box and Beta Testing, so that the game is obtained in accordance with the wishes of prospective users. With the Educational Game "Pengenalan Komputer" For mentally disabled Children At SLB Negeri Bontang, the teacher to deliver teaching material to students and maximize the provision of knowledge by using computer technology and will increase the interest in learning for students and students.

Item Type: Thesis (S1 Sistem Informasi)
Additional Information: Pembimbing 1 : M. Irwan Ukkas, S.Si., M.Kom Pembimbing 2 : Dr. Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd., M.TI
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Tunagrahita, Finite State Machine
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Sistem Informasi
Depositing User: Mr Muhammad Za'iem Sururi
Date Deposited: 10 Aug 2019 01:35
Last Modified: 10 Aug 2019 01:35
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/2577

Actions (login required)

View Item View Item