Rancangan Algoritma A* Pathfinding Pada Game Edukasi Petualangan Si Topi Merah Untuk Anak Usia Dini

Iswari, Muhammad Rofiq (2019) Rancangan Algoritma A* Pathfinding Pada Game Edukasi Petualangan Si Topi Merah Untuk Anak Usia Dini. S1 Teknik Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1243128-S1-Teknik Informatika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pathfinding telah menjadi salah satu bidang penelitian utama dalam video game selama bertahun-tahun. Ini adalah masalah utama yang dihadapi sebagian besar video game. Algoritma pencarian seperti algoritma Dijkstra dan algoritma A * merupakan algoritma yang sering digunakan sebagai bagian dari game. Aplikasi game Petualangan Si Topi Merah adalah aplikasi game animasi yang menceritakan seorang anak yang senang berpetualang. Game ini di rancang sedemikian rupa sehingga mampu mengedukas anak, khususnya anak usia dini. Game ini di implementasikan algoritma A* yang merupakan bagian dari algoritma pencarian. Pengembangan game ini menggunakan metode Waterfall. Hasil dari pembangunan game ini adalah game animasi seorang bocah petualang yang berbasis flash, seoarang bocah yang melakukan petualangan didalam hutan, sedangkan tingkat kesulitannya dibagi menjadi dua level, tujuan dari game ini untuk mengimplementasikan algoritma A* kedalam game dan juga dapat menjadi wadah untuk pembelajaran ataupun menambah wawasan yang disuguhkan dari game itu sendiri, dikatakan game yang dapat melakukan permainan sambil belajar dan game ini dimainkan dalam sebuah PC (Personal Computer) dan laptop. Implementasi dari pembuatan game ini menggunakan beberapa software pendukung yaitu Macromedia Flash MX, Corel Draw X5. =============================================================== Pathfinding has been one of major research areas in video games for many years. It is a key problem that most video games are confronted with. Search algorithm such as Dijkstra’s algorithm and A* algorithm are one of those pathfinding algorithm that are often used. Game Petualangan Si Topi Merah is animated game with story of a child who likes to adventure. This game is designed to be able to educate children, especially early childhood. This game is implemented by the A * algorithm which is part of the search algorithm. The development of this game uses the Waterfall method. The result of the development of this game is an animated game of a flash-based adventurous boy, a boy who does adventure in the forest, while the difficulty level is divided into two levels, the purpose of this game is to implement the A * algorithm into the game and can also be a place for learning or add insight that is presented from the game itself, said games that can play games while learning and this game is played on a PC (Personal Computer) and laptop. The implementation of making this game uses several supporting software namely Macromedia Flash MX, Corel Draw X5.

Item Type: Thesis (S1 Teknik Informatika)
Additional Information: Pembimbing 1 : Asep Nurhuda,S.Kom.,M.Kom Pembimbing 2 : Ita Arfyanti,S.Kom.,MM.SI
Uncontrolled Keywords: Algoritma A*,Game Edukasi,Pathfinding
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Mr Muhammad Rofiq Iswari
Date Deposited: 05 Aug 2019 07:37
Last Modified: 05 Aug 2019 07:37
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/2338

Actions (login required)

View Item View Item