Sistem Informasi Piutang Pelanggan Pada Toko M.A. 19 Samarinda Berbasis Web

Rusdy, Yogie Sabilal (2019) Sistem Informasi Piutang Pelanggan Pada Toko M.A. 19 Samarinda Berbasis Web. S1 Sistem Informasi thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1441145-S1-SistemInformasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Toko M.A. 19 merupakan salah satu toko di kota Samarinda yang bergerak dalam bidang fashion pria di kota Samarinda. Adapun masalah dalam pendataan transaksi piutang dan transaksi pembayaran yang terjadi pada Toko M.A. 19 yaitu masih menggunakan pencatatan manual menggunakan buku catatan, dan Toko M.A. 19 yang belum memiliki sistem informasi online membuat pelanggan yang berasal dari luar kota kesulitan mendapatkan informasi data hutang dan pembayaran secara rinci sehingga perlu membangun Sistem Informasi Piutang Pelanggan Pada Toko M.A. 19 Samarinda Berbasis Web. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan metode pengembangan sistem menggunakan waterfall Karena metode ini mempunyai tahapan – tahapan yang jelas nyata dan praktis. Kemudian pengujian sistem yaitu Black Box dan Beta Testing, sehingga sistem yang didapat sesuai dengan keinginan para calon pengguna. Dengan Adanya Sistem Informasi Piutang Pelanggan Pada Toko M.A. 19 Samarinda Berbasis Web dapat menangani proses hutang piutang dan pembayaran secara online, data pelanggan, laporan piutang, dan laporan pembayaran. Pada hasil tesing dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian pertanyaan kuisioner kepada 10 (sepuluh) responden dapat ditarik kesimpulan lebih dari 75.4% responden menjawab bahwa Sistem Informasi Piutang Pelanggan Pada Toko M.A. 19 Samarinda Berbasis Web memenuhi kriteria – kriteria situs website atau web aplikasi yang baik. ========================================================= M.A. 19 Store is one of the shops in Samarinda that is engaged in men's fashion in Samarinda City. The problems in the collection of accounts receivable transactions and payment transactions that occur in the M.A 19 Store which is still using manual recording using a notebook, and the M.A 19 Store who do not have an online information system make it difficult for customers from outside the city to obtain information on debt and payment data in detail so that it is necessary to build a Customer Receivable Information System at the M.A 19 Store Samarinda Based on the Web. The method of data collection uses the observation method and system development methods using the waterfall. Because this method has stages that are clearly real and practical. Then testing the system is Black Box and Beta Testing, so the system is obtained in accordance with the wishes of prospective users. With the existence of a Customer Receivable Information System at the M.A 19 Store Web Based Samarinda can handle the process of accounts payable and online payments, customer data, accounts receivable, and payment reports. In the results of the test it can be concluded that the results of testing questionnaire questions to 10 (ten) respondents can be concluded more than 75.4% of respondents answered that the Customer Receivable Information System at the M.A 19 Store Web Based Samarinda meets the criteria of a good website or web application.

Item Type: Thesis (S1 Sistem Informasi)
Additional Information: Pembimbing 1: Dr. Heny Pratiwi, S.Kom., M.Pd., M.TI Pembimbing 2: Amelia Yusnita, M.Kom
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Piutang, Kota Samarinda, Toko M.A. 19, Website.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Sistem Informasi
Depositing User: Yogie Sabilal Rusdy
Date Deposited: 05 Aug 2019 05:54
Last Modified: 05 Aug 2019 05:54
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/2306

Actions (login required)

View Item View Item