Implementasi Augmented Reality Brosur Penjualan Mobil Menggunakan Metode Image Tracking Pada PT. Suzuki Samekarindo Indah Samarinda Berbasis Android

Harjanto, Anggito Pradian (2019) Implementasi Augmented Reality Brosur Penjualan Mobil Menggunakan Metode Image Tracking Pada PT. Suzuki Samekarindo Indah Samarinda Berbasis Android. S1 Teknik Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1343013-Teknik Informatika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Anggito Pradian Harjanto, 2019, Implementasi Augmented Reality Brosur Penjualan Mobil Mengunakan Metode Image Tracking Pada PT. Suzuki Samekarindo Indah Samarinda Berbasis Android, Skripsi Program Studi Teknik Informatika, STMIK Widya Cipta Dharma, Pembimbing (I) Reza Andrea. S.Kom.,M.Kom. dan Pembimbing (II) Hj.Ekawati Yulsilviana, SP.,MM. Kata kunci : Augmented Reality, Penjualan Mobil, Brosur, Image Tracking, Android. Augmented Reality (AR) adalah bidang penelitian komputer yang menggabungkan data grafis 3 dimensi dengan dunia nyata atau dengan kata lain realita yang ditambahkan ke suatu media. Media pemasaran yang digunakan oleh PT. Suzuki Samekarindo Indah Samarinda saat ini menggunakan media brosur yang berisi gambar 2 dimensi dan informasi tentang mobil yang dipasarkan sehingga banyak para pembeli yang kurang tertarik karena pembeli tidak bisa melihat bentuk mobil secara lagsung, namun akan sangat menarik jika gambar pada brosur disajikan dengan berbentuk 3 dimensi. Penerapan augmented reality menggunakan metode image tracking sebagai sarana promosi pada PT. Suzuki Samekarindo Indah Samarinda berbasis Android ini diawali dengan penginstalan software pendukung augmented reality yaitu Unity 3D. Merancang desain 3D objek mobil yang dipromosikan PT. Suzuki Samekarindo Indah Samarinda menggunakan Google SketchUp, merancang desain marker dan desain brosur PT. Suzuki Samekarindo Indah Samarinda menggunakan Corel Draw X6. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang berjalan pada platform mobile android. Berdasarkan hasil pengujian, Implementasi Augmented Reality Brosur Penjualan Mobil Mengunakan Metode Image Tracking Pada PT. Suzuki Samekarindo Indah Samarinda Berbasis Android ini dapat menjadi salah satu media alternatif untuk promosi kepada calon pembeli dan menarik sebagai media promosi yang memperlihatkan mobil yang dipromosikan PT. Suzuki Samekarindo Indah Samarinda dengan cara yang lebih interaktif. ============================================================ AnggitoPradianHarjanto, 2019, Implementation Of Android Based Augmented Reality Using Image Tracking Method at PT. Suzuki Samekarindo, Thesis for Information Engineering Program, STMIK Widya Cipta Dharma, Supervisor (I) Reza Andrea. S.Kom.,M.Kom.and Supervisor (II) Hj.Ekawati Yulsilviana, SP., MM. Keywords: Augmented Reality, Carsales, Brochures, Image Tracking, Android. Augmented Reality (AR) is a field of computer research that combines three-dimensional graphics data with the real world or in the other words, a reality that added to the media. Marketing media that used by PT. Suzuki Samekarindowas brochures that contain 2-dimensional images and information about car that are marketed, so many customer are less interested because buyers cannot see the shape of the car directly, but it would be very interesting if the picture on the brochure presented with the form of three-dimensional. Implementation of android based augmented reality using image tracking method at PT. Suzuki Samekarindo started with the installation of supporting software for augmented reality which is Unity 3D. Designing a 3D house objects using Google SketchUp, designing the marker and housing brochure PT. Suzuki Samekarindo using Corel Draw X6.This application is running on mobile android platform. Based on the results of beta testing, the implementation of android based augmented reality using image tracking method at PT. Suzuki Samekarindo could provide an alternative option as an interactive promotion material of PT. Suzuki Samekarindo in order to attract potential buyer.

Item Type: Thesis (S1 Teknik Informatika)
Additional Information: Pembimbing 1 : Reza Andrea, M.Kom Pembimbing 2 : Hj. Ekawati Yulsilviana, SP.,MM
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Augmented Reality, Penjualan Mobil, Brosur, Image Tracking, Android.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Anggito Pradian Harjanto
Date Deposited: 25 Feb 2019 02:55
Last Modified: 25 Feb 2019 02:55
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/1802

Actions (login required)

View Item View Item