Membangun E-Commerce Oleh-Oleh Khas Kota Samarinda Studi Kasus Pada UMKM Kios Andi 89

Utomo, Erwin Triwahyu (2019) Membangun E-Commerce Oleh-Oleh Khas Kota Samarinda Studi Kasus Pada UMKM Kios Andi 89. S1 Sistem Informasi thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1441067-S1-Sistem Informasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kios Andi 89 merupakan salah satu UMKM di kota Samarinda yang bergerak dalam bidang wirausaha Oleh-Oleh Khas kota samarinda. Adapun masalah dalam pendataan penjualan yang terjadi pada Kios Andi 89 yaitu masih menggunakan pencatatan manual menggunakan nota, dan Kios Andi 89 yang belum memiliki media penjualan online membuat pelanggan yang berasal dari luar kota kesulitan mendapatkan informasi bentuk,ukuran, dan jumlah barang tersedia sehingga perlu Membangun E-Commerce Oleh-Oleh Khas Kota Samarinda Studi Kasus Pada UMKM Kios Andi 89. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan metode pengembangan sistem menggunakan waterfall Karena metode ini mempunyai tahapan – tahapan yang jelas nyata dan praktis. Kemudian pengujian sistem yaitu Black Box dan Beta Testing, sehingga sistem yang didapat sesuai dengan keinginan para calon pengguna. Dengan Adanya Aplikasi E-Commerce Oleh-Oleh Khas Kota Samarinda Studi Kasus Pada UMKM Kios Andi 89 dapat menangani proses penjualan secara online, data stok, data pelanggan, laporan penjualan. Pada hasil tesing dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian pertanyaan kuisioner kepada 10 (sepuluh) responden dapat ditarik kesimpulan lebih dari 92% responden menjawab bahwa Membangun E-Commerce Oleh-Oleh Khas Kota Samarinda Studi Kasus Pada UMKM Kios Andi 89 memenuhi kriteria – kriteria situs website atau web aplikasi yang baik. ============================================================ Andi 89 Store is one of UMKM in Samarinda City which active in entrepreneur business unique souvenir samarinda city. As for the problem in the sales data collection that occurred at Andi 89 Store, which is still using manual records using notes and Andi 89 Store which is not yet have online sales store make customers from outside city difficult getting information about shape, size, and available quantity items which the result that need Build an E-Commerce Unique Souvenir Samarinda City Case Study at UMKM Andi 89 Store. Methods of data collection using observation methods and methods of system development using waterfall Because this method has stages - stages are clearly real and practical. Then testing the system that is Black Box and Beta Testing, so the system obtained in accordance with the wishes of potential users With The Presence Aplications E-Commerce Unique Souvenir Samarinda City Case Study at UMKM And 89 Store can handle online sales processes, quantity item, customers data and sales reports. The results of ten respondents can be seen more fully from 92% of respondents answered Build an E-Commerce Unique Souvenir Samarinda City Case Study at UMKM Andi 89 Store meets the criteria of good website or web application.

Item Type: Thesis (S1 Sistem Informasi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Hj. Ekawati Yulsilviana, S.P., MM Pembimbing 2 : Pitrasacha Adytia,MT
Uncontrolled Keywords: E-Commerce, Oleh-Oleh Khas, Kota Samarinda, UMKM, Kios Andi 89, Website.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Sistem Informasi
Depositing User: Erwin Triwahyu Utomo
Date Deposited: 23 Feb 2019 01:40
Last Modified: 23 Feb 2019 01:40
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/1769

Actions (login required)

View Item View Item