Membangun Aplikasi Pengenalan Huruf Alfabet Dengan Augmented Reality Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Edu Global Samarinda

Ruslani, Roni (2018) Membangun Aplikasi Pengenalan Huruf Alfabet Dengan Augmented Reality Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Edu Global Samarinda. D3 Manajemen Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1531025-D3-Manajemen Informatika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Mengajarkan huruf pada anak usia dini tidaklah mudah. Karena dunia anak sebenarnya hanya bermain. Pada prakteknya, pengenalan huruf pada anak usia dini membutuhkan alat peraga 3 dimensi yang hanya dimiliki LKP Edu Global. Sedangkan anak usia dini cenderung tertarik dengan hal-hal yang baru. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi untuk menjembatani kedua permasalahan tersebut dengan aplikasi augmented reality untuk menarik minat dan membantu belajar anak untuk mengenal huruf. Peneliti merancang dan membangun aplikasi augmented reality. Pengembangan Unity, 3D Google SketcUp sebagai modelling, vuforia SDK untuk membentuk Augmented Reality. Hasil penelitian diujicoba ke LKP Edu Global Samarinda dengan mendemokan dan mengoperassikan langsung. Berdasar ddata dari kuisioner, aplikasi yang dibuat dapat menarik dan membantu anak belajar mengenal huruf. Kata kunci : Mengenal Huruf, augmented reality, 3D Google SketcUp. ========================================================= ABSTRACT Teaching letters in early childhood is not easy. Because the world of children actually only plays. In practice, the introduction of letters in early childhood requires 3 dimensional props only owned by LKP Edu Global. While young children tend to be interested in new things. Therefore it takes innovation to bridge the two problems with augmented reality application to attract interest and help children learn to recognize letters. Researchers design and build augmented reality applications. Unity Development, Google SketcUp 3D as modeling, SDK vuforia to form Augmented Reality. The results were tested to LKP Edu Global Samarinda by demonstrating and operating directly. Based on the data from the questionnaires, the apps created can be interesting and help children learn to recognize letters. Keywords: Know Letters, augmented reality, 3D Google SketchUp.

Item Type: Thesis (D3 Manajemen Informatika)
Additional Information: Pembimbing : Basrie, M.Kom
Uncontrolled Keywords: Mengenal Huruf, augmented reality, 3D Google SketcUp
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Manajemen Informatika
Manajemen Informatika
Depositing User: Mr Roni Ruslani
Date Deposited: 16 Aug 2018 02:33
Last Modified: 12 Jan 2019 02:04
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/1474

Actions (login required)

View Item View Item