Perbandingan Implementasi Metode Naive Bayes Dan C4.5 Dalam Pengklasifikasian Gaya Belajar Siswa Pada SD Muhammadiyah 4 Terpadu

Anugrah, Gustaf Dwi Prie (2018) Perbandingan Implementasi Metode Naive Bayes Dan C4.5 Dalam Pengklasifikasian Gaya Belajar Siswa Pada SD Muhammadiyah 4 Terpadu. S1 Teknik Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1143026-S1-Teknik Informatika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Gustaf Dwi Prie Anugrah, 2018, Perbandingan Implemetasi Metode Naïve Bayes Dan C4.5 Dalam Pengklasifikasian Gaya Belajar Siswa Pada SD Muhammadiyah 4 Terpadu, Skripsi jurusan Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Cipta Dharma, pembimbing (I), Siti Lailiyah, S.Kom., M.Kom, pembimbing (II), Eka Arriyanti, S.Pd., M.Kom., I.G. Kata Kunci : Perbandingan, Klasifikasi, Gaya Belajar, Naïve Bayes, C4.5 Gaya belajar merupakan pendekatan yang menjelaskan mengenai bagaimana individu belajar atau cara yang ditempuh oleh masing-masing orang untuk berproses dalam mengumpukan informasi. Menurut Rita Dunn dalam De Porter (2011), gaya belajar terdiri dari 3 jenis yaitu, gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan implementasi metode naïve bayes dan C4.5 dalam pengklasifikasian gaya belajar siswa pada SD Muhammadiyah 4 Terpadu. Pada penelitian ini, gaya belajar yang diklasifikasikan akan menggunakan metode naive bayes dan C4.5. Perangkat lunak rapidminer, merupakan salah satu dari perangkat lunak (software) machine learning yang akan digunakan dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan klasifikasi gaya belajar dengan metode naïve bayes, C4.5, dan membandingkan hasil klasifikasi gaya belajar dengan metode naïve bayes dan C4.5. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan pengamatan langsung (observasi). Karena peneliti adalah seorang guru di SD Muhammadiyah 4 Terpadu, oleh karena itu alat observasi yang digunakan adalah kuesioner 40 siswa Pengujian yang dilakukan adalah pengujian akurasi terhadap metode Naïve Bayes dan C4.5. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa Naïve Bayes memberikan akurasi 100% dan C4.5 memberikan akurasi 97.5%. Berarti metode Naïve Bayes lebih unggul dibandingkan C4.5 dalam kasus pengklasifikasian gaya belajar siswa. ============================================================ Gustaf Dwi Prie Anugrah, 2018, Comparison On Naïve Bayes and C 4.5 Methode Implementation In Classifying Students Learning Style at SD Muhammadiyah 4 Terpadu. S1 Thesis. School of Informatics Management and Computer Science (STMIK) Widya Cipta Dharma. Advisor (I) : Siti Lailiyah, S.Kom., M.Kom. Advisor (II) : Eka Arriyanti, S.Pd., M.Kom., I.G. Keywords : Naïve_Bayes, C4.5, learning_style_classification Learning style is an approach that explains how an individual learns or takes a way to process information they got. Due to Rita Dunn in De Porter (2011), learning style was conducted in 3 styles ; visual, auditory, and kinesthetic. This research objected to know the comparison on naïve bayes and C 4.5 methode implementation in classifying students learning style at SD Muhammadiyah 4 Terpadu. In this research, learning style was classified with naive bayes and C 4.5 methode. Rapidminer software was used to be machine learning for executing the path of the method so then, the result would be compared. For having the data of students learning styles, data was collected by literature study and observation. Because, the research actor was a teacher in SD Muhammadiyah 4 Terpadu. Therefore, the quitioners with 40 respondents,were tool of the observation. Result of Accuracy Testing pointed out that naïve bayes gives 100% accuracy and C4.5 gives 97.5% accuracy. It Means that the Naïve Bayes method better than C4.5 in comparison on naïve bayes and C 4.5 methode implementation in classifying students learning style at SD Muhammadiyah 4 terpadu

Item Type: Thesis (S1 Teknik Informatika)
Additional Information: Pembimbing 1 : Siti Lailiyah, M.Kom Pembimbing 2 : Eka Arriyanti, S.Pd.,M.Kom.,I.G
Uncontrolled Keywords: Perbandingan, Klasifikasi, Gaya Belajar, Naïve Bayes, C4.5
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Mr Gustaf Dwi Prie Anugrah
Date Deposited: 14 Aug 2018 00:41
Last Modified: 11 Jan 2019 07:24
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/1372

Actions (login required)

View Item View Item