Manessa, Mega Elanda Dewi (2018) Aplikasi Pembelajaran Agama Islam Berbasis Multimedia pada Sekolah Dasar Negeri 011 Sangasanga. D3 Manajemen Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.
Text
1531035-D3-MANAJEMEN INFORMATIKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Pelajaran agama islam adalah salah satu pelajaran yang sangat penting yang perlu diperkenalkan sejak usia dini, baik orang tua maupun guru yang berada disekolah sangat berperan penting untuk meningkatkan pengetahuan seorang anak tentang pentingnya pelajaran agama islam. Di era digital ini kita sering mendengar kata aplikasi baik aplikasi sosial media, game, maupun pelajaran. Oleh karena itu dengan adanya perkembangan zaman ini, maka dibuatlah aplikasi yang memuat pelajaran disekolah dengan tujuan meningkatkan minat siswa dalam pelajaran sekaligus memperkenalkan bahwa suatu aplikasi tidak hanya digunakan untuk bermain namun juga bisa digunakan untuk belajar. Untuk itu, pada penelitian ini penulis membuat media aplikasi pembelajaran yang mengajarkan tentang pendidikan agama islam untuk murid sekolah dasar dimana terdapat script yang saling berhubungan agar aplikasi dapat berjalan sesuai fungsinya, adanya tampilan-tampilan karakter, efek suara dan tombol-tombol yang dibuat dengan memanfaatkan tool yang ada pada aplikasi SwiSH Max4 sehingga aplikasi dapat lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Dalam perancangan aplikasi pembelajaran ini, penulis menggunakan beberapa software yaitu SWiSH Max4 dan Photoshop sebagai alat bantu dalam membuat media pembelajaran Agama Islam pada SDN 011 Sangasanga. Kata kunci : Digital, Aplikasi, Pembelajaran, Script, Swish Ma4, Software, SDN ========================================================= ABSTRACT Islamic religious lesson is one of the most important lessons that need to be introduced from an early age, the parents and teachers in school have the important role to increase a child's knowledge about the importance of Islamic religious lessons. In this digital era we often hear the word application both social media applications, games, and lessons. Therefore, with the development of this era, then made an application that contains lessons in school with the aim of increasing student interest in the lesson as well as introduce that an application is not only used for playing but also can be used to learn. For that, in this study the authors make a learning application media that teaches about Islamic religious education for elementary school students where there are scripts that are interconnected so that applications can run according to function, the appearance of characters, sound effects and buttons made by utilizing tools that exist in the SWiSH Max4 application so that applications can be more interesting and easy to understand by students. In the design of this learning application, the author uses some software that is SWiSH Max4 and Photoshop as a tool to making learning media of Islam on SDN 011 Sangasanga. Keywords: Digital, Applications, Learning, Script, Swish Ma4, Software, SDN
Item Type: | Thesis (D3 Manajemen Informatika) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : M. Irwan Ukkas, S.Si,M.Kom |
Uncontrolled Keywords: | software |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Manajemen Informatika Manajemen Informatika |
Depositing User: | Mrs Mega Elanda Dewi Manessa |
Date Deposited: | 13 Aug 2018 07:51 |
Last Modified: | 12 Jan 2019 01:04 |
URI: | http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/1363 |
Actions (login required)
View Item |