Media Pembelajaran Pengenalan Budaya Nusantara Berbasis Android

Alimin, Ilham (2018) Media Pembelajaran Pengenalan Budaya Nusantara Berbasis Android. S1 Teknik Informatika thesis, STMIK WIdya Cipta Dharma.

This is the latest version of this item.

[img] Text
1343057-S1-Teknik Informatika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Ilham Alimin, 2018, Media Pembelajaran Pengenalan Budaya Nusantara Berbasis Android. Skripsi Program Studi Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Cipta Dharma, Pembimbing (I), Tabrani Rija’I S.Ag (II), Amelia Yusnita, S.Kom., M.Kom, Pembahas (I),M. Irwan Ukkas,S.Si., M.Kom (II), Reza Andrea, M.Kom. Kata Kunci : Budaya Nusantara, Pengenalan, Media Pembelajaran, Android. Media Pembelajaran Dasar Pengenalan alat Musik Bass Berbasis Android merupakan pembelajaran yang dibangun untuk proses pelaksanaan pembelajaran yang menyenangkan untuk mempelajari dan mengenali budaya nusantara. Penelitian dilaksanakan pada SDN 002 yang bertempat di Jalan Pelita Kota Samarinda dengan menggunakan metode Tahapan Pengembangan Multimedia. Penelitian media pembelajaran pengenalan budaya nusantara berbasis android ini menggunakan bagan alir UML (Unified Modeling Language) dan menggunakan software Swish Max4, Pembelajaran yang dibangun beroperasi pada Sistem Operasi Android. Berdasarkan hasil kuesioner dari 10 responden, 54% menyatakan sangat baik, 28% menyatakan baik, dan 18% menyatakan cukup baik. Dari hasil implementasi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan aplikasi yang dibuat, yaitu aplikasi media pembelajaran pengenalan budaya nusantara berbasis android ini dapat menjadi sarana alternatif untuk mengenal dan mempelajari budaya nusantara. ============================================================ Ilham Alimin, 2018, Learning Media Introduction of Android-Based Nusantara Culture. Thesis Information Engineering Program, STMIK Widya Cipta Dharma. Supervisor (I) ), Tabrani Rija’I S.Ag (II), Amelia Yusnita, S.Kom., M.Kom, Discussants (I), M. Irwan Ukkas,S.Si., M.Kom (II), Reza Andrea, M.Kom. Keyword : Nusantara Culture, Introduction, Learning, Android. Basic Learning Media The introduction of the Android-based Bass Musical instrument is a learning that is built for the process of implementing a fun learning to learn and recognize the culture of the archipelago. The research was conducted at SDN 002 located at Jalan Pelita Kota Samarinda using Multimedia Development Stage method. The research of learning media of introduction of this android-based archipelago culture using UML (Unified Modeling Language) flow chart and using Sw4 Max4 software, Learning that built operates on Android Operating System. Based on the results of questionnaires from 10 respondents, 54% stated very well, 28% stated good, and 18% stated quite well. From the results of the implementation can be concluded that by using the application created, namely the application of learning media introduction android-based archipelago culture can be an alternative means to know and learn the culture of the archipelago.

Item Type: Thesis (S1 Teknik Informatika)
Additional Information: Pembimbing 1 : Tabrani Rija'i, S.Ag Pembimbing 2 : Amelia Yusnita, M.Kom
Uncontrolled Keywords: Budaya Nusantara, Pengenalan, Media Pembelajaran, Android.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Teknik Informatika
Depositing User: Mr Ilham Alimin
Date Deposited: 13 Aug 2018 02:09
Last Modified: 11 Jan 2019 07:22
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/1326

Available Versions of this Item

  • Media Pembelajaran Pengenalan Budaya Nusantara Berbasis Android. (deposited 13 Aug 2018 02:09) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item