Game Edukasi Drag And Drop Budaya Nusantara Untuk Siswa Sekolah Dasar

Setiawan, Muhammad Eko Wahyu (2018) Game Edukasi Drag And Drop Budaya Nusantara Untuk Siswa Sekolah Dasar. D3 Manajemen Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.

[img] Text
1531005-D3-Manajemen Informatika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Muhammad Eko Wahyu Setiawan, 2018. Game Edukasi Drag And Drop Budaya Nusantara Untuk Siswa Sekolah Dasar, Program Studi Manajemen Informatika, Sekolah Tinggi Widya Cipta Dharma. Pembimbing : Reza Andrea, M.Kom Dalam hal media penyampaian ke peserta didik digunakan buku-buku yang berhubungan langsung dengan ilmu budaya nusantara namun kadang kala siswa/i tidak memahami secara detail materi yang disampaikan. Untuk memudahkan penyampaian materi kepada anak-anak belajar kemudian bahwa materi menarik yang dikemas dalam bentuk multimedia yang bersifat mendidik dan menghibur bagi mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan sebuah multimedia berbasis aplikasi game edukasi budaya nusantara sebagai media laternatif pembelajaran yang mudah dipelajari dan dipahami oleh anak-anak siswa sekolah dasar dengan konsep edutainment. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan software Swishmax4 dan Adobe Photoshop sebagai alat pembuatan aplikasi media pembelajaran ini, serta menggunakan metode observasi dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa Game Edukasi Drag And Drop Budaya Nusantara ini telah berhasil dibuat. ============================================================ Muhammad Eko Wahyu Setiawan, 2018. Educational Game of Drag and Drop Nusantara Culture for Elementary School Students, School of Information Management and Computer Widya Cipta Dharma, Supervisor : Reza Andrea, M.Kom In the case of media delivery to students, books are used that are directly related to the culture of the archipelago, but sometimes students do not understand in detail the material presented. To facilitate the delivery of material to children learning later that interesting material is packaged in multimedia form that is educational and entertaining for them. The purpose of this study was to create a multimedia based application of the national culture education game as a laterative media of learning that is easy to learn and understand by children of elementary school students with the concept of edutainment. This application is made using Swishmax4 software and Adobe Photoshop as a tool for making this learning media application, and using the observation method and literature study. Edutainment. Based on the results of research that has been done, obtained the conclusion that: Education Game Drag And Drop Culture Nusantara has been successfully created.

Item Type: Thesis (D3 Manajemen Informatika)
Additional Information: Pembimbing : Reza Andrea, M.Kom
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Swishmax, Media Pembelajaran, Budaya Nusantara.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Depositing User: Mr Muhammad Eko Wahyu Setiawan
Date Deposited: 11 Aug 2018 01:35
Last Modified: 12 Jan 2019 02:14
URI: http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/1253

Actions (login required)

View Item View Item