Sulistio, Widarta (2018) Penerapan Metode Suffle Random Pada Aplikasi Multimedia Pembelajaran Panca Indra Tingkat SD Berbasis Android. S1 Teknik Informatika thesis, STMIK Widya Cipta Dharma.
Text
1443011-S1-Teknik Informatika.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Media Pembelajaran multimedia sangat menarik untuk dikembangkan. Ada beberapa kelebihan dari media pembelajaran multimedia dibandingkan dengan media pembelajaran biasa. Salah satu kelebihan utama media pembelajaran multimedia adalah visualisasi. Media pembelajaran multimedia berbasis simulasi didesain untuk mensimulasikan permasalahan yang ada sehingga diperoleh ilmu yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Media pembelajaran multimedia dengan tujuan edukasi ini dapat digunakan sebagai salah satu media edukasi yang memiliki pola pembelajaran “Belajar dengan Melakukan”. Berdasarkan pola yang dimiliki oleh permainan tersebut, pemain dituntut untuk belajar sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Aplikasi Multimedia pembelajaran "Panca Indra" merupakan sebuah media pembelajaran yang memiliki soal latihan yang dirancang untuk mengasah daya tanggap siswa-siswi dalam belajar. Dalam permainan ini pemain harus menjawab pertanyaan yang tersedia dimana pemain harus dengan benar dan teliti untuk menjawab pertanyaan soal tersebut. Algoritma pengacakan posisi diterapkan dalam penelitian ini, dengan tujuan membuat susunan posisi soal selalu teracak dan permainan menjadi tidak monoton dan membosankan, agar pemain tidak mudah menjawab pertanyaan dan tidak bisa menghafal soal yang dikerjakan sebelumnya. ========================================================= Multimedia Learning Media is very attractive for development. There are several advantages of multimedia instructional media compared with normal learning media. One of the main advantages of multimedia learning media is visualization. Simulation-based multimedia learning media is designed to simulate the existing problems in order to obtain knowledge that can be used to solve the problem. Multimedia learning media with educational purposes can be used as a medium of education that has a pattern of learning "Learning by Doing". Based on the pattern which is owned by the game, players are required to learn in order to solve existing problems. Application of Multimedia Learning "Five Senses" is a media that has exercises designed to hone the responsiveness of the students in learning. In this game the player must answer the questions provided in which players have to correctly and accurately to answer that question. Randomization algorithm applied position in this study, with the aim of making the composition of matter is always scrambled position and the game becomes monotonous and boring, so players are not easy to answer the question and could not memorize the questions that done before.
Item Type: | Thesis (S1 Teknik Informatika) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Jundro Daud Hasiholan, M.Kom Pembimbing 2 : Tabrani Rija'i, S.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Panca Indra, pembelajaran, suffle random |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Teknik Informatika |
Depositing User: | Mr Widarta Sulistio |
Date Deposited: | 08 Aug 2018 03:07 |
Last Modified: | 12 Jan 2019 02:16 |
URI: | http://repository.wicida.ac.id/id/eprint/1117 |
Actions (login required)
View Item |